Uncategorized

TKI Oh TKI

Kalau saja Tuhan bertanya kepada saya “apa keinginan spontanmu saat ini?”. Mungkin saya akan menjawab “saya ingin memiliki PJTKI”.

Yah, saya merupakan salah satu anak bangsa yang kecewa, sedih dan miris melihat perlakuan2  majikan2 TKI di luar sana. Sering saya dengar dan lihat para TKI, lebih seringnya TKW  disiksa, gajinya tidak dibayar bahkan ada yang sampai dibunuh. Ngeri banget kan. Para TKW yang berangkatnya masih cantik, gemuk, kerumat lah intinya. Pulang2 membawa oleh2, entah tato bekas setrikaan, kecacatan, atau peti mati.

Lalu apa sih yang sebenarnya terjadi dengan mereka di sana hingga diperlakukan seperti itu? Mungkin memang majikan yang tidak berperikemanusiaan. Karena kekerasan semacam itu memang tidak dapat ditolerir untuk alasan apapun. Tapi bagaimana dengan TKI itu sendiri? Bisa jadi mereka disana kerjanya nggak bener, ora ruh njowo atau alasan2 lain yang tidak kita ketahui.

Oleh karena itu saya pengin deh bikin PJTKI. PJTKI yang oke. Yang bener2 ngajarin para TKI keterampilan2 yang memadai untuk bekerja di luar negeri. Ngajarin para calon TKI bahasa negara tujuan sampai mereka mampu berkomunikasi dengan baik, bukan bahasa yang cuma sak imit bisa njuk langsung dikirim. Ngajarin mereka tata krama di rumah majikan, di bandara, di manapun. 🙂

Selain itu, pengawasan dari PJTKI juga. Seumpama saya beneran punya PJTKI nih ya (amin). Perwakilan PJTKI saya bakalan ngawasin para TKI itu dalam jangka waktu beberapa bulan sekali, ngecek ke majikannya gimana kerjanya TKInya, terus ke TKI yang bersangkutan juga gimana perlakuan majikannya.

Begitulah kira2 mimpi saya. Mimmpi aneh saya baru2 ini. Mimpi saya yang mudah2an bisa terwujud. Mudah2an saja, oke Tuhan? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s