Resep

(Resep) Nila Asam Pedas

Pada suatu hari, patjar tumben-tumbenan baik hati. Saya curiga dong ya :p. Ternyata bener, dia lagi kangen masakan saya dan pengen dibikinin ikan asam pedas. Setelah saya coba ternyata hasilnya enyaaaak. Saya share resepnya yaa.. silahkan mencoba. πŸ˜€

Bahan :

Ikan nila (1/2 kilo).

Jeruk nipis (1 buah), ambil airnya (peres di atas ikan).

Wortel (2 biji), iris korek api.

Nanas (1 buah), iris suka-suka.

Tomat (1 buah), iris kecil-kecil.

Bawang Bombay (1/2 buah), iris melingkar.

Cabe (banyak), iris kecil-kecil.

Bawang putih (2 siung), cincang.

Jahe (2 cm), iris korek api.

Daun bawang (dikit aja), iris suka-suka.

Saus tiram (1 bungkus kecil)

Saus tomat (dikit aja)

Saus sambal (dikit aja)

Kecap manis (dikiiiiit aja)

Tepung maizena (dikit aja), buat lumuran ikan dan pengental saus.

Garam + gula (sesuai selera)

Cara buat :

1. Bersihkan ikan, lumuri air jeruk nipis, garam, diamkan kurang lebih 10 menit. Baluri dengan tepung maizena. Goreng jangan sampai kering tapi sudah matang.

2. Panaskan minyak, masukkan bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum. Masukkan cabe, tomat, dan wortel. Tumis hingga layu (tapi jangan layu2 juga sih, lebih enakan wortel yang agak kriuk).

3. Masukkan saus tiram, saus tomat, saus sambel, dan kecap manis. Tambahkan air (klo asat bisa ditambah air lagi). Masukkan nanas. Kalo udah mendidih masukkan daun bawang. Jangan lupa gula dan garamnya dimasukkan. Kalo udah enak boleh deh dimasukkan tepung maizena yang udah dicampur air.

4. Jika saus sudah mendidih, masukkan ikan yang sudah digoreng ke wajan berisi saus. Biarkan sebentar biar bumbu meresap ke dalam ikan. Nila asam manis siap disajikan. πŸ˜€

Advertisements

4 thoughts on “(Resep) Nila Asam Pedas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s