0

(Resep) Tumis Kacang Panjang

tumis kacang panjang

Jang panjang yang panjang…kacang!

Pas kangen makan tumis kacang panjang, eh pas Pak Lani (red. nama tukang sayur) bawa kacang panjang. Padahal biasanya sering kehabisan.

Kangen tumis kacang panjang ini dipersembahkan Β oleh orang rumah yang kena asam urat jadi nggak boleh makan kacang-kacangan lagi huhuhu (dadah-dadah ke duren juga).

Langsung aja ke resepnya ya..

Bahan :

1 ikat kacang panjang, diiris
10 butir telur puyuh, dikupas kulitnya
5 butir bawang merah, dicincang
3 siung bawang putih, dicincang
5 buah cabe rawit, iris kecil
kecap manis
garam
gula
minyak goreng

Cara buat :

– Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih sama cabe sampe wangi.
– Masukkan telur puyuh sama kacang panjang, masukkan air
– Masukkan kecap manis, garam dan gula
– Ditunggu sampe kacang panjang layu (#teamkurangsukakacangpanjangkeras). Airnya ditambah terus kalo belum layu πŸ˜€
– Diicip-icip, kalo masih belum pas rasanya dimasuk-masukin lagi garam/gula/kecapnya, kalo udah enak dan udah layu diangkat deh

Selamat mencoba yaa πŸ˜€

0

(Resep) Sup Ceker

IMG_20140917_113853Halo hola.. πŸ˜€

Dalam rangka berusaha rajin posting blog, saya mau posting tentang resep makanan yang saya masak 2 minggu yang lalu. *lama yah* :p

Paling nggak bisa basa basi, bingung mau nulis apa sebagai pengantarnya… Langsung aja ya~

Bahan :

6 buah ceker, dibersihin dan kuku luarnya diambil
2 buah wortel, kupas trus potong
1 buah kentang, kupas trus potong
4 butir bawang merah,
4 siung bawang putih
1 buah tomat, iris kasar
merica bubuk
daun bawang, iris tipis
daun seledri, iris cacah
garam
gula

Cara buatnya :

– Rebus ceker yang udah dibersihkan dan dicuci, sampai empuk (bolak balik saya tunyuk-tunyuk dagingnya buat mastiin udah empuk apa belum πŸ˜€ ).
– Kalau kaldunya udah keluar dan udah empuk, masukkan wortel dan kentang. Tunggu sampai wortel dan kentang setengah matang.
– Kalau wortel dan kentangnya udah setengah matang, angkat, sisihkan panci.
– Ambil wajan dan panaskan sedikit minyak goreng, goreng irisan bawang merah dan bawang putih (mohon dimaklumi karena kompornya single, kayak orangnya #eaaak. Jadi harus gantian). Goreng sampai harum dan kecoklatan.
– Sisihkan wajan, letakkan panci di atas kompor lagi. Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah digoreng tadi.
– Masukkan lada bubuk, garam, gula, daun bawang, daun seledri, dan irisan tomat.
– Masak sampai sayuran empuk. Angkat dan sajikan.

Kayaknya makanan begini cocok dimakan anget pas badan lagi nggreges gitu ya. Hihi.

Btw, selamat mencoba.. πŸ˜€

0

(Resep) Tumis Sawi Putih

Processed with VSCOcam

Selamat menjalankan ibadah puasa ya teman-teman..

Kalau bulan puasa gini saya jadi sering sembelit, kebanyakan makan yang kering-kering, kurang buah dan sayur-sayuran. Hihi. Jadinya 2 hari yang lalu saya masak sayur. Biar lancarrrrr. Walaupun porsinya mini.

Niatnya sih bikin tumis ya.. lha kok airnya kebanyakeun. Hihi *tutup muka*

Langsung ke resepnya aja kali ya..

Bahan :

1/2 Buah sawi putih (kemarin saya belinya yang gede soalnya hehe), diiris sedang / sesuai selera
1 Buah wortel, dikupas dan diiris tipis / sesuai selera
2 Siung bawang putih, dicincang kasar
1 Butir bawang merah, diiris tipis
Merica secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Minyak goreng 1 sendok makan

Cara buatnya :

– Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah
– Setelah harum masukkan wortel, tambah air. Oiya, apinya yg besar ya.. biar cepet mateng tanpa merubah warna sayurnya
– Setelah wortel empuk, masukan sawi putih
– Tunggu agak layu, masukkan garam, gula, merica
– Angkat kalau sayuran udah pada mateng

Cukup mudah bukan? Ahaaaaa! *apa banget*

Selamat mencoba ya πŸ˜€

8

(Resep) Sup Jagung

Hai hai hai semuanya.. ketemu lagi di acara masak-masak ala anak kos yang enak nan murah meriah.. πŸ˜€ *aposeeeee*
Kali ini saya pengen sekalian pamer kalo beberapa waktu yang lalu saya menang kontes foto masakan. Hihihi. Awalnya saya kira hadiahnya peralatan masak, tapi ternyata hadiahnya pulsa. Lumayanlah buat paket internet sebulan :p
Foto hasil masakan yang saya kirim kemaren adalah sup jagung. Saya juga heran kok bisa menang, padahal keliatannya kurang menarik lho (tapi rasanya enak banget). :p
Saya share resepnya yaa..

Bahan :
2 buah wortel, potong kotak2 kecil2
2 buah jagung muda, disisir (rambut kali ah)
1 bungkus baso merek v*d* yg ukuran besar, potong kotak2 kecil2
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
2 buah bawang putih, cincang kasar
1/2Β  sdt (kayaknya) merica halus, kalo kurang bisa ditambah
1 batang daun bawang, iris tipis
1 sdm tepung maizena, jangan lupa dicampur air ya cyin
2 butir telor, biar ada tekstur telor ancurnya (halah)
sedikit minyak, mentega juga boleeeeee
garam sama gula

Cara Bikin :
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay. Kalo udah wangi masukin wortel dan jagung trus tambahin air, biarin agak lunak.
2. Masukin baso.. tambahin merica, garam, gula dan daun bawang.
3. Maukin telor, aduk-aduk. Dicoba, kurang apa, kalo kurang asin ditambahin garam, klo kurang pedes ditambahin merica, kalo kurang gurih ditambahin gula *lhoh?* (saya gak pernah pake penyedap rasa soalny) :p
4. Masukin tepung maizena, aduk-aduk. Jangan lama-lama, angkat. Mamam deh. πŸ˜€

Menu ini gak usah pake nasi pun enak. Bergizi lagi, ada sayur2an, telor, sosis.
Selamat mencoba πŸ˜€

8

(Resep) Ayam Kecap Cabe

Sebenarnya saya tidak tahu pasti apa nama masakan ini. Tapi yasudahlah, saya namakan ayam kecap cabe aja yaa.. πŸ˜›

Cara membuatnya mudah dan bumbu-bumbunya pun tidak banyak. Langsung aja..

Bahan :

Ayam (1/4 kilo lebih dikit), potong suka-suka.

Bawang bombay (1/2 buah), iris kecil-kecil.

Cabe merah besar (5 buah), iris kecil-kecil.

Cabe hijau besar (5 buah), iris kecil-kecil.

Cabe rawit (5 buah), iris kecil-kecil.

Lada (dikit aja)

Kecap (suka-suka).

Garam dan gula (suka-suka).

Minyak goreng.

Cara Buat :

1. Bersihkan dan cuci ayam yang sudah dipotong-potong. Campurkan dengan garam dan lada. Diamkan 10-15menitan.

2. Goreng ayam, tapi jangan sampe kering. Angkat, tiriskan.

3. Panaskan minyak, masukkan bawang bombay, bila sudah wangi masukkan cabe rawit, merah dan hijau. Kemudian masukkan ayam yang sudah digoreng tadi. Aduk-aduk. Tambahkan kecap. Aduk-aduk. Tambahkan air. Jika sudah mendidih masukkan garam dan gula.

4. Kecilkan api, masak hingga bumbu-bumbu meresap pada tubuh ayam (hahaha). Angkat dan siap disantap.

4

(Resep) Nila Asam Pedas

Pada suatu hari, patjar tumben-tumbenan baik hati. Saya curiga dong ya :p. Ternyata bener, dia lagi kangen masakan saya dan pengen dibikinin ikan asam pedas. Setelah saya coba ternyata hasilnya enyaaaak. Saya share resepnya yaa.. silahkan mencoba. πŸ˜€

Bahan :

Ikan nila (1/2 kilo).

Jeruk nipis (1 buah), ambil airnya (peres di atas ikan).

Wortel (2 biji), iris korek api.

Nanas (1 buah), iris suka-suka.

Tomat (1 buah), iris kecil-kecil.

Bawang Bombay (1/2 buah), iris melingkar.

Cabe (banyak), iris kecil-kecil.

Bawang putih (2 siung), cincang.

Jahe (2 cm), iris korek api.

Daun bawang (dikit aja), iris suka-suka.

Saus tiram (1 bungkus kecil)

Saus tomat (dikit aja)

Saus sambal (dikit aja)

Kecap manis (dikiiiiit aja)

Tepung maizena (dikit aja), buat lumuran ikan dan pengental saus.

Garam + gula (sesuai selera)

Cara buat :

1. Bersihkan ikan, lumuri air jeruk nipis, garam, diamkan kurang lebih 10 menit. Baluri dengan tepung maizena. Goreng jangan sampai kering tapi sudah matang.

2. Panaskan minyak, masukkan bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum. Masukkan cabe, tomat, dan wortel. Tumis hingga layu (tapi jangan layu2 juga sih, lebih enakan wortel yang agak kriuk).

3. Masukkan saus tiram, saus tomat, saus sambel, dan kecap manis. Tambahkan air (klo asat bisa ditambah air lagi). Masukkan nanas. Kalo udah mendidih masukkan daun bawang. Jangan lupa gula dan garamnya dimasukkan. Kalo udah enak boleh deh dimasukkan tepung maizena yang udah dicampur air.

4. Jika saus sudah mendidih, masukkan ikan yang sudah digoreng ke wajan berisi saus. Biarkan sebentar biar bumbu meresap ke dalam ikan. Nila asam manis siap disajikan. πŸ˜€