Resep

(Resep) Ayam Kecap Cabe

Sebenarnya saya tidak tahu pasti apa nama masakan ini. Tapi yasudahlah, saya namakan ayam kecap cabe aja yaa.. 😛

Cara membuatnya mudah dan bumbu-bumbunya pun tidak banyak. Langsung aja..

Bahan :

Ayam (1/4 kilo lebih dikit), potong suka-suka.

Bawang bombay (1/2 buah), iris kecil-kecil.

Cabe merah besar (5 buah), iris kecil-kecil.

Cabe hijau besar (5 buah), iris kecil-kecil.

Cabe rawit (5 buah), iris kecil-kecil.

Lada (dikit aja)

Kecap (suka-suka).

Garam dan gula (suka-suka).

Minyak goreng.

Cara Buat :

1. Bersihkan dan cuci ayam yang sudah dipotong-potong. Campurkan dengan garam dan lada. Diamkan 10-15menitan.

2. Goreng ayam, tapi jangan sampe kering. Angkat, tiriskan.

3. Panaskan minyak, masukkan bawang bombay, bila sudah wangi masukkan cabe rawit, merah dan hijau. Kemudian masukkan ayam yang sudah digoreng tadi. Aduk-aduk. Tambahkan kecap. Aduk-aduk. Tambahkan air. Jika sudah mendidih masukkan garam dan gula.

4. Kecilkan api, masak hingga bumbu-bumbu meresap pada tubuh ayam (hahaha). Angkat dan siap disantap.

Resep

(Resep) Nila Asam Pedas

Pada suatu hari, patjar tumben-tumbenan baik hati. Saya curiga dong ya :p. Ternyata bener, dia lagi kangen masakan saya dan pengen dibikinin ikan asam pedas. Setelah saya coba ternyata hasilnya enyaaaak. Saya share resepnya yaa.. silahkan mencoba. 😀

Bahan :

Ikan nila (1/2 kilo).

Jeruk nipis (1 buah), ambil airnya (peres di atas ikan).

Wortel (2 biji), iris korek api.

Nanas (1 buah), iris suka-suka.

Tomat (1 buah), iris kecil-kecil.

Bawang Bombay (1/2 buah), iris melingkar.

Cabe (banyak), iris kecil-kecil.

Bawang putih (2 siung), cincang.

Jahe (2 cm), iris korek api.

Daun bawang (dikit aja), iris suka-suka.

Saus tiram (1 bungkus kecil)

Saus tomat (dikit aja)

Saus sambal (dikit aja)

Kecap manis (dikiiiiit aja)

Tepung maizena (dikit aja), buat lumuran ikan dan pengental saus.

Garam + gula (sesuai selera)

Cara buat :

1. Bersihkan ikan, lumuri air jeruk nipis, garam, diamkan kurang lebih 10 menit. Baluri dengan tepung maizena. Goreng jangan sampai kering tapi sudah matang.

2. Panaskan minyak, masukkan bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum. Masukkan cabe, tomat, dan wortel. Tumis hingga layu (tapi jangan layu2 juga sih, lebih enakan wortel yang agak kriuk).

3. Masukkan saus tiram, saus tomat, saus sambel, dan kecap manis. Tambahkan air (klo asat bisa ditambah air lagi). Masukkan nanas. Kalo udah mendidih masukkan daun bawang. Jangan lupa gula dan garamnya dimasukkan. Kalo udah enak boleh deh dimasukkan tepung maizena yang udah dicampur air.

4. Jika saus sudah mendidih, masukkan ikan yang sudah digoreng ke wajan berisi saus. Biarkan sebentar biar bumbu meresap ke dalam ikan. Nila asam manis siap disajikan. 😀

Daily

Nggowes

Baru pulang nggowes, dan rasanya…….

kemeeeeeeeeeeeeng ples gempor

Yaiyalah, secara udah berapa minggu gak olahraga. Terakhir kali senam dan itupun masuk angin, pake muntah pulak. Mengenaskan memang ketahanan tubuh saya ini. Mudah-mudahan tar siang gak lemes dan buka di tengah jalan ya *disamber petir*.

Rute gowes saya kali ini lumayan jauh (berdasarkan track record yg belum pernah gowes sebelumnya) dari kosan (jl c. simanjuntak) – jl. kaliurang – selokan mataram – lembah – belok ke gsp – (nrabas pager) jl. kaliurang (lagi) – blimbingsari – kosan. Yey! Lumayan kan yaa.. Sempet brenti dulu di gsp buat ngliatin orang-orang (terutama cowok-cowok kece) lari-lari *dikeplak patjar* sembari nglamun, nyanyi2, twitteran *halah*.

Yah intinya pengalaman spiritual saya nggowes kali ini cukup menyenangkan, saya jadi termotivasi buat lebih giat berolahraga lagi setelah ngliat mbah-mbah ngedahuluin saya -___________-

Beban di kepala lumayan plong juga abis nyanyi-nyanyi sepanjang jalan 😀

Ternyata banyak juga lho manfaat nggowes, berdasarkan zonasepeda(dot)com nggowes/bersepeda secara teratur bisa mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, bisa juga melatih nafas supaya lebih panjang (yang ini katanya bahkan lebih efektif dibandingkan senam aerobik yang biasa saya lakukan. Wow!), bisa juga mengurangi stres (yeah!), dan tentu saja bisa mengurangi polusi.

Karena mungkin udah agak siang tadi saya nggowesnya, udah banyak motor dan mobil di jalan, ngebut pula. Besok-besok perlu bawa masker biar gak kena asep knalpot paru-parunya.

Nggowes lagi, yuk?

Nb : Sepedanya hasil dipinjemin mbak kos 😀

Uncategorized

Karaoke Lanjut Jog|Art 2011

Cuma mau pamer poto aja kok.. :))))))
Jadi ceritanya, akhir juli kemaren ‘coba-coba’ karoke bareng. Abis itu saya, nanas dan adit lanjut ke Jogja Art. Sayang sekali pesek dan wuri gak bisa ikut karena masing-masing dah pada di jemput.


Jogja Art ternyata bagus ya. Taun depan kesini lagi yuk bok! Tapi pasti udah pada sibuk deh. Semoga masih bisa kumpul lagi ya.. Hiks..

Uncategorized

Honey And The Bee

Pertama kali denger lagu ini langsung suka, suka dengan uniknya vokal dan musik band ini, suka dengan liriknya juga sih. Setelah tau music video -nya di Youtube malah bikin tambah sukaaaaaaa.

Berikut liriknya…

Don’t remind me
That some days I’m the windshield
And other days I’m just a lucky bug
These cold iron rails
Leave old mossy trails
Through the countryside
The crow and the beanfield
All my best friends, but boy I need a hug

(Boy I need a hug)

‘Cause my heart stops without you
There’s something about you
That makes me feel alive

If the green left the grass on the other side
I would make like a tree and leave
But if I reached for your hand, would your eyes get wide
Who knew the other side could be so green

Don’t remind me
I’m a chickadee in love with the sky
But that’s clearly not a lot to crow about
‘Cause when the stars silhouette me
I’m scared they’ll forget me and flicker out
I taste honey but I haven’t seen the hive
Yeah, I didn’t look, I didn’t even try

But still my heart stops without you
There’s something about you
That makes me feel alive

If the green left the grass on the other side
I would make like a tree and leave
But if I reached for your hand, would your eyes get wide
[ From: http://www.elyrics.net/read/o/owl-city-lyrics/honey-and-the-bee-lyrics.html ]
Who knew the other side could be so green

We are honey and the bee

Backyard of butterflies surrounded me
I fell in love with you like bees to honey
Let’s up and leave the weeping to the willow tree
And pour our tears in the sea

I swear!
There’s a lot of vegetables out there
That crop up for air
Yeah, I never thought
We were two peas in a pod
To be suddenly bloomed
And I knew that I’d always love you

Oh, I’ll always love you too

If the green left the grass on the other side
I would make like a tree and leave
But if I reached for your hand, would your eyes get wide
Who knew the other side could be so green

If the green left the grass on the other side
I would make like a tree and leave
But if I reached for your hand, would your eyes get wide
Who knew the other side could be so green

If I reached for your hand for the rest of my life
Who knew the other side could be so green

Uncategorized

Meet The Trinity

Enam orang saya ajakin ke Meet and Greet with Trinity, dan semuanya pada gak bisa. Hmmmm, gimana nih? Masak nggak nonton? Kan eman-eman. Jarang-jarang ada acara beginian. Apalagi Trinity kan penulis buku kesayangan saya.

Akhirnya dengan tekat sekuat baja yang dilapisi beton saya pun dateng ke acara itu sendiri. Bayangkan! Sendiri Sodara-sodara (plis deh Shin, biasa aja kali!). Hehehe

Setibanya di I-Cafe, tempat diselenggarakannya meet and greet, udah jam 5 lewat 15 menit. Aaaaaak telat, pikir saya. Yah ternyata beneran saya telat. Si Trinitynya udah bercuap-cuap aja, keliatan dari tempat parkir. Huhuhu. Akhirnya cepet-cepet saya masuk ke Cafe. Di depan pintu masuk saya disambut tulisan ini. JLEBBB!

Di pintu masuk Cafe ini pun dijual buku TNT 3 maupun buku-buku perjalanan terbitan Bentang. Setelah ngisi daftar hadir saya pun langsung masuk. Celingak-celinguk nyari tempat duduk, yaaah udah penuh . Tapi semua kebetean itu sirna ketika akhirnya saya bisa nyempil dan ngeliat Trinity dengan jelas. Yeeeee .

Liat kanan-kiri. Orang-orang kok udah pada bawa buku TNT 3 yaa? Hmmmm. Gak mau kalah akhirnya saya pun balik lagi ke pintu masuk yang jual buku-buku tadi itu, saya belilah TNT 3, diskon 20% sodara-sodara, Alhamdulillah agak ngirit pengeluaran lah ya .

Kembalilah saya ke dalam Cafe, eh tidak berapa lama ada mas-mas yang keluar meninggalkan tempat duduknya. Haaaaap! Langsung saya sambar dan dudukin aja. Makin asoy deh ini nontonnya.Obrolannya asik, Mbak MC-nya pun juga asik, pokoknya asik deh.

Setelah sekitar sejam mendengarkan dengan hikmad Trinity bercuap-cuap, akhirnya selesai juga. Acara dilanjutkan dengan book-signing. Tap tap tap, langsunglah saya nyempil juga di barisan yang termasuk terdepan. Tidak berapa lama pun giliran saya dapet tanda tangan. tapi karena saya tidak ada partner, jadi saya tidak punya orang buat motoin saya sama Trinity. Dan dengan baik hatinya, Mas-mas dari Bentang mau motoin. Baik banget deh pokoknya. Soalnya gak cuma saya  yang dipotoin, tapi juga orang-orang yang minta tolong juga dipotoin dengan senang hati.

Dan ternyata di belakang saya orang-orang masih ngantri sebanyak ini. Hihihi

Udah beres keinginan saya. Ee ternyata udah setengah 7 aja. Dan saya belum sholat! Buru-burulah saya pulang ke kos yang tinggal sepelemparan upil jauhnya dari i-Cafe. Hati senang. Buku baru, ketemu penulis idola. Ah, What a day. Alhamdulillah .

Nb : Si Riyani Djangkaru juga dateng lho sebenernya di acara ini, tapi orangnya cuma nongol bentar dan pergi lagi. Pupuslah sudah harapan saya poto sama artis. Ahahahaha. Norak deh eyke!